Topeng Jabung

  • Apr 29, 2024
  • JABUNG.JABUNG

TOPENG JABUNG yang mana Khusus seni tari topeng Jabung yang dirintis sejak dari nenek moyang sampai keturunan Mbah Reni. Beliau yang ahli seni topeng yang mendalami tentang tari, sebagai narasumber, guru topeng, penari topeng, perancang busana topeng, pembuat semua peralatan dan property, pinata musik (mulai dari pakaian pembuat / penatah topeng, dalang topeng dan pelaku seni asli )

Anak cucu Mbah Reni dibekali dengan seni wayang kulit, seni topeng yang dikuasainya. Diantaranya Mbah Kangsen, Mbah Darso, Mbah Darlan, Mbah Darlin dan anak cucuyang lain.

Di era tahun 1970 s.d. 1988 topeng Jabung mengalami zaman keemasan.Pada waktu itu dipimpin oleh Bapak Kangsen, beliau pada waktu itu menjabat sebagai Kepala Desa Jabung yang ke 4

Di masa kejayaan topeng Jabung, Desa Jabung banyak dikunjungi oleh para pejabat baik tingkat kabupaten, propinsi atau pemerintah pusat. Dan pernah diundang keistana Negara untuk menampilkan cerita topeng Jabung oleh Presiden Soeharto.Karena seni tari topeng ini terkenal di wilayah tanah air sampai seniman manca Negara kalangan internasional juga mengagumi tentang seni topeng Jabung dan dating untuk menyaksikan secara langsung tari tersebut.

Hingga sekarang topeng Jabung masih menunjukkan eksistensinya dan berlanjut oleh keturunan mbah Reni yaitu :

            Bapak Suparjo dan Bapak Mesdi sebagai generasi penerus kesenian Topeng Jabung

Beliau berdua ini sampai saat ini , sering didatangi oleh Mahasiswa dari beberapa Universitas Fakultas Kesenian dan Sastra , baik dari Malang maupun dari Surabaya. Bapak Mesdi juga pernah mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di Universitas Erlangga Surabaya

Untuk kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan potensi yang ada adalah dengan adanya dan didirikannya sanggar tari topeng GUNUNGSARI yang mana kegiatannya adalah meningkatkaan kesadaran dan kecintaan terhadap budaya asli desa Jabung , Dengan kegiatan sebagai berikut :

1.    Pembelajaran bagi pemuda dalam seni tari , gamelan

2.    Pelatihan Pembuatan Topeng Jabung yang menjadi ikon utama

3.    Pembuatan Aneka kerajinan topeng ( gantungan kunci , topeng dari berbagai bahan dll )